Memebendung Pandemi Flu Babi

October 10, 2009 at 3:37 pm (Uncategorized)

Upaya untuk membendung pandemi flu A-H1N1 (flu babi) terus dilakukan. dan salah satu senjata yang lama ditunggu untuk menangkal flu berbahaya ini sekarang telah hadir. Dialah waksin flu H1N1.
vaksin flu babi sudah dimulai diamerika serikat (AS) setelah berbulan-bulan dilakukan persiapan. sayangnya jumlah vaksin itu masih amat sdikit sehingga hanya orang-orang tertentu yang di prioritaskan, seperti pekerjaan kesehatan dan anak-anak.
pada pertengahan oktober ini, rencananya sekitar 40 juta orang akan divaksinasi untuk membendung penyebaran virus H1N1, penyenan flu babi. untuk itu pada pekan-pekan mendatang akan lebih banyak lagi vaksin yang datang.
namun masyarakat tidak bisa sembarangan mendapatkan vaksin ini, anda tidak bisa pergi keklinik tertentu untuk minta divaksin. di AS setiap dinas kesehatan diwilayah masing-masing akan menentukan berapa jumlah vaksin yang dibutuhkan. mereka akan mendata rumah sakit, klinik, program vaksinasi yang dimiliki sekolah serta apotek.
sabar sebentar dan tidak usah panik karena dalam beberapa hari mendatang apa yang kita butuhkan akan tiba kata Dr willim schaffner, spesialis vaksin flu dari vanderbilt university.
pemerintah amerika serikat telah memesan sebanyak 250 juta dosis vaksin flu babi dari lima perusahaan diantaranya sanofi-aventis SA,CLS Ltd MedImune, Novartis AG, dan Glaxosmith kline.
badan pengendalian peredaran makanan dan obat (FDA) AS mengatakan, pihaknya sudah menguji vaksin flu ini sehingga aman digunakan oleh masyarakat.cara pembuatan vaksin ini kurang lebih sama dengan vaksin flu musim dingin biasa,yang tingkat efek sampingnya amat rendah. uji coba yang dilakukan sebelumnya terhadap vaksin flu ini tidak menunjukkan adanya efek samping.
vaksin yang berbentuk suntikan,dibuat dari virus flu yang sudah dimatikan, bisa digunakan bagi orang yang alergi.sedangkan vaksin berbentuk semprot (nasal spray),dibuat dari virus flu yang hidup namun sudah dilemahkan bisa digunakan oleh orang berusia 2-49 tahun. anak-anak dibawah umur 10 tahun membutuhkan dua dosis vaksin H1N1 setelah tiga pesan.
Indonesi belum produksi
Bagaimana dengan ketersediaan vaksin ini di indonesia? menurut dirjen pengendalian penyakit dan pengendalian lingkungan departemen kesehatan. indonesia hingga saat ini belum memproduksi vaksin H1N1 karena masih melakukan berbagai persiapan. persiapan yang dilakukan diantaranya persiapan pra-produksi vaksin serta uji evektivitas vaksin. perusahaan farmasi biofarma adalah perusahaan yang ditugasi oleh badan kesehatan PBB (WHO) untuk memproduksi vaksin H1N1 pada pertemuan dijenewa awal tahun ini sekjen PBB mengundang beberapa perusahaan farmasi serta otoritas kesehatan diberbagai negara untuk membahas vaksin H1N1. kita masih menunggu hasil uji efektivitas dan keamananya dan selain itu juga indonesia masih menunggu ajanji WHO untuk memberikan vaksin gratis keberbagai negara termasuk indonesia.
kita bukan menunggu pengalaman negara lain tapi memang pengujiannya membutuhkan waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: