SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

October 20, 2009 at 1:52 pm (Uncategorized)

Sistem informasi manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen. Maksud dari sistem informasi disini adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasai dari suatu organisasi: operasi, instalasi dan perawatan komputer, perangkat lunak dan data.Sistem informasi manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. Sistem informasi penjualan adalah suatu sistem informasi yang mengorganisasikan serangkaian prosedur dan metode yang dirancang untuk menghasilkan, menganalisa, menyebarkan dan memperoleh informasi guna mendukung pengambilan keputusan mengenai penjualan. Sedangkan kata manajemen adalah berasal dari bahasa prancis kuno manajemen, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. manajemen belum memiliki definisa yang mapan dan diterimasecara universal.mary parker pollet misalnya mendefinisikan manajemen sebagaiseni menyelesaikan pekerjaan malalui orang lain. hal ini berati seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai organisasi. sedangka menurut Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisiensi. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sedangkan efisiensi berarti bahwa tugas yang ada yang dilaksanakan secar benar, terorganisir dan sesuai dengan jadwal. Kata manajemen berasal dari bahasa italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin “manus” yang berati “tangan” kata ini lalu terpengaruh dari bahasa prancis manege yang berarti “kepemilikan kuda” ( yang berasl dari bahasa inggris yang berarti seni mngendalikan kuda). Ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu hal ini dapat dibuktikan dengan adanya piramida di mesir. Piramida tersebut dibangun lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun.misalnya piramida giz tak kan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa mempedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu, yang merencanakan apa yang harus dilakukan mengorganisir manusia beserta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai dengan rencana.
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan ada dan melekat didalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan dalam mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis prancis bernama Henry Fayol pada abad ke 20. Ketika itu ia menyebutkan 5 fungsi manajemen yaitu merancang, mengorganisir, memeintah, mengordinasi dan mengendalikan. namun, saat ini ke lima fungsi tersebut telah diringkas menjadi 4 yaitu: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengevaluasian (evaluating) dan pengarahan (directing).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: