mengajari bayi tidur tepat waktu

April 5, 2010 at 5:19 am (Uncategorized)

Ketika memiliki bayi, jam tidur ibu kemungkinan besar akan terganggu. Pasalnya, bayi seringkali terjaga di malam hari.

Guna menyiasati agar ibu mampu beristirahat dengan cukup, ada baiknya ibu membiasakan bayi tidur sesuai jadwal. Caranya cukup mudah, ibu hanya mengenalkan pola tidur dan nantinya bayi akan terbiasa.

Sebagai langkah awal pengenalan pola tidur, ada baiknya ibu mengamati terlebih dahulu karakter si bayi. Sebagian bayi biasanya mudah mengikuti pola tidur rutin namun adapula bayi yang bermasalah dengan pola tidurnya dan sulit menjalankan pola tidur yang telah disiapkan ibu.

Berikut saran yang direkomendasikan BabyCenter.com terkait pembentukan pola tidur pada bayi :

– Khusus bayi berumur seminggu, jangan dipaksakan memulai mengenalkan pola tidur. Ada baiknya ibu mengikuti secara alami keinginan bayi untuk tidur. Bila bayi menangis, usahakan membuat nyaman si bayi dengan belaian atau pijatan lembut.

– Ketika memasuki usia 6 minggu, ibu bisa memulai pengenalan pola tidur. Entah itu tidur siang ataupun tidur malam. Sebelum tidur, ibu dapat melakukan beberapa hal seperti Mandikan bayi dengan air hangat dan ajak main sebentar sebagai awal penurunan intensitas aktivitas sebelum tidur, pakaikan ia baju tidur yang lembut dan nyaman, redupkan lampu bayi, putar lagu dan berikan kecupan hangat. Lakukan pola ini setiap hari.

– Khusus bayi berusia 3 hingga 6 bulan dan setelahnya, bayi mulai mengembangkan kebiasaan tidur tepat waktu. Menurut pakar anak, bayi berusia 3 hingga 6 bulan merupakan masa dimana bayi sudah siap untuk dilatih tidur secara rutin. Ketika memasuki usia pertumbuhan aktivitas bisa berlangsung selama 8 jam, namun ketika bayi rata-rata waktu yang dihabiskan untuk beraktivitas sekitar 5-6 jam.

– Sebelum latihan pembentukan pola tidur dimulai, sebaiknya ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Konsultasi diperlukan untuk melihat sejauh mana efek latihan terhadap anak serta memilih pola yang tepat guna menghindari kesalahan.

– Terakhir, tiap ibu dan bayi berbeda-beda, jadi jangan frustrasi dulu jika rutinitas ini tidak berjalan sesuai harapan. Coba dan bersabarlah. Lakukan apa yang paling sesuai untuk Ibu dan bayi Ibu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: