manfaat musik

April 20, 2010 at 12:16 am (Uncategorized)

LONDON–Musik memilik banyak manfaat. Diantaranya, memengaruhi kemampuan seseorang mengontrol emosi, mengasah sensitivitas, dan membangkitkan apresiasi terhadap keindahan. Musik juga merupakan bagian dari budaya, sehingga mengenal musik berarti mengenal budaya yang terkait di dalamnya.

Selain apresiasi seni, musik membawa pengaruh konkret yang berguna untuk keseharian. Sebuah riset yang digagas Universitas Northwestern, Illonis, AS mengungkapkan bermain instrumen musik sedari awal memberikan keuntungan bagi perkembangan otak. Selain itu, bermain instrumen membantu anak-anak meningkatkan kemampuan berbahasa dan menghindarkan mereka dari penyakit seperti diseleksia dan autisma.

“Bermain sebuah instrumen musik memudahkan para remaja menjalani kondisi kelas yang demikian tidak kondusif dan mampu pula secara akurat membaca perkataan guru dengan kondisi demikian bising,’ tukas profesor Nina Klaus seperti dilaporkan dailymail.co.uk, Senin (22/2). Ia menambahkan, sekolah zaman sekarang justru menghilangkan mata pelajaran musik dari kurikulum utama.

Salah seorang koleganya, kini tengah mengembangkan cara untuk menunjukan bagaimana sistem sensorik tubuh terhadap rasa gugup terhubung dengan bunyi yang dihasilkan oleh piranti musik. Dari situ kolega klaus menemukan, terdapat efektifitas sistem sensori tubuh terhadap rasa gugup sangat terpengaruh dari kemampuan bermusik seseorang.

“Bermain musik meningkatkan kemampuan menandai, seperti misal mengetahui satu nada dalam instrumen, harmoni dan ritem dari kebisingan,” tegasnya.

“Tidak mengejutkan, para musisi memiliki sistem respon tubuh yang lebih baik dalam bermusik dan berbicara,” tambahnya.

Sebelumnya, Klaus dan koleganya berhasil mengungkapkan bahwa sensitivitas dari suara berhubungan erat dengan kemampuan mendengarkan sekalipun kondisi sekitar tidak kondusif. “Masyarakat memiliki sistem pendengaran yang lebih baik ketika mereka akrab dengan musik,” ujarnya.

“Berlatih musik tidak hanya bermanfaat untuk memproses stimulus dari musik. Kami mencatat berlatih musik meningkatkan kemampuan berbahasa dan emosi,” tambahnya.

Ia menambahkan, pihaknya kini semakin yakin musik secara mendasar membantu sirkuit sensor pada bagian sub korteks pada otak meningkatkan kemampuan membaca dan mendengarkan dalam suasana bising setiap hari,” pungkasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: