keturunan juru masak kaisar jepang berbagi resep

April 20, 2010 at 12:10 am (Uncategorized)

Tumis kangkung, urap kangkung, bahkan belacan kangkung, itu biasa. Kushinsai No Surinagashi atau Sop kangkung dengan cumi yang ‘umami’ memang luar biasa . Selama ini kita hanya mengolah kangkung dengan ditumis dan diurap, jarang sekali orang membuatnya sebagai bahan dasar sop.

Sebenarnya, ‘umami’ itu apa sih ? Kita telah mengenal empat rasa dasar yakni, asin, manis, pahit, dan asam. Umami adalah rasa dasar kelima, yang berarti gurih, yang diperkenalkan oleh ilmuan Jepang bernama Kikunae Ikeda (1908). Dalam penemuannya terungkap bahwa ‘umami’ berasal dari asam amino glutamat yang banyak dijumpai di bahan-bahan makanan lain serta dalam Air Susu Ibu.

Melihat sejarah panjang ‘umami’ di Jepang dan budaya mengkonsumsi pangan dari rebusan sayuran yang mengunakan kaldu yang dibuat dari proses perebusan makanan kering inilah maka PT Ajinomoto khusus mengundang chef bertangan dingin Kimio Nonaga untuk berbagi keahlian. Dia adalah salah satu dari 55 chef pilihan di Jepang.

Dia juga koki generasi ke tiga Nihonbashi Yukari yang juga telah melayani Rumah Tangga Kekaisaran selama tiga generasi. Jadi kepiawaian dan menu yang disajikan sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Di depan 20 orang chef dari restoran jepang dan hotel termuka, sang Japanese Grand Champion of Iron Chef 2002 Japan ini mendemokan beberapa masakan klasik Jepang yang mengunakan umami sebagai komponen utamanya. Di antara resep yang didemokan adalah Tori No Karaaage Umami Ankake (Ayam Goreng dan saus Umami), Tori-niku To Kinoko No Takikomi-Gohan (Nasi berbumbu daging ayam dengan aneka jamur), dan Kushinsai No Surinagashi (Sop kangkung dengan cumi).

Sepintas melihat judul beberapa resep terkesan sulit, namun jangan khawatir, masakan jepang ini simple dalam pembuatan namun mempunyai rasa yang unik. Saya yakin Anda pun bisa membuatnya.

Kushinsai No Surinagashi – Sop Kangkung dengan Cumi

Bahan :
– 2 ikat (200 gr) kangkung – 1 sdm Minyak Wijen
– 150 gr Cumi – 400 cc Air
– 8 ekor (160 gr) Udang – 3g Masako rasa ayam
– 8 g Jahe – 1/3 sdt Ajinomoto
– 8 g Bawang Putih – Garam secukupnya
– Hondashi (Kaldu) secukupnya

Cara Memasak :

1. Potong kangkung 8-10 bagian, pisahkan bagian daun dan bagian batang yang keras. Bersihkan cumi, bersihkan udang dan ambil kotoran bagian punggung. Rebus udang dan cumi dengan air garam hingga berubah warna, angkat dan dinginkan dengan air es. Kupas kulit udang, potong-potong udang dan cumi. Jahe dan bawang putih cincang halus.

2. Tumis jahe dan bawang putih dengan minyak wijen hingga harum, tambahkan kangkung bagian batang, cumi, udang dan garam, masak hingga layu.

3. Masukkan kangkung bagian daun, masak hingga matang. Angkat taruh dalam wadah. Pisahkan cumi dan udang. Haluskan kangkung dengan blender, tambahkan air, masako rasa ayam dan ajinomoto.

4. Jika mau dimakan dalam kadaan dingin simpan di kulas atau rendam dalam mangkuk yang berisi air es. Jika mau dimakan dalam keadaan panas masak hingga mendidih.

5. Sajikan dengan cumi, udang, lada hitam dan bunga kemangi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: