Resensi Film : Sherlock Holmes

May 30, 2010 at 9:24 am (Uncategorized)


Resensi Film :

SHERLOCK HOLMES

“Tak Ada Misteri Yang Tak Bisa Diungkap””

Oleh : J. Haryadi

Jenis Film : Drama/adventure

Produser : Joel Silver, Susan Downey, Lionel Wigram
Produksi : Warner Bros. Pictures
Homepage : http://sherlock-holmes-movie.warnerbros.com/

Durasi : 139 menit
Pemain : Robert Downey Jr, Jude Law, Rachel Mcadams, Mark Strong, William Hope, Hans Matheson
Sutradara : Guy Ritchie
Penulis : Michael Robert Johnson, Anthony Peckham
ekarang kita bisa melihat aksi terbaru dari tokoh terkenal karya Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes yang berkisah tentang petualangan terbaru Holmes (Robert Downey Jr.) dan mitra setianya Watson (Jude Law).

Tentu kita tak perlu ragu atas kepiawaian Sherlock Holmes sebagai seorang penyidik yang handal. Rasanya tak ada satu kasuspun yang tak dapat diselesaikannya. Tentu ini tak terlepas dari kesabaran, kecerdasan dan kecerdikannya dalam memecahkan berbagai kasus pelik sekalipun. Sherlock dan sahabatnya, Dr. John Watson adalah pasangan yang solid dalam bahu membahu membasmi kejahatan.
Sebagai penyidik profesional, pekerjaan detektif Inggris ini sangat membantu sekali pihak kepolisian termasuk ketika Sherlock dan sahabatnya Watson berhasil membongkar kejahatan penyembah setan bernama Lord Blackwood (Mark Strong) dan menggiringya ke tiang gantungan. Kekalahan penjahat kelas kakap ini menimbulkan dendam yang membara, Lord Blackwood tak bisa menerima kekalahannya dan ketika menjelang hari kematiannya ia bersumpah akan membalas dendam pada Sherlock Holmes.

Tak berapa lama kemudian, sebuah kasus kejahatan kembali mengharuskan Sherlock Holmes dan Dr John Watson turun tangan. Serangkaian tindak kejahatan ini dilakukan bukan oleh sembarang orang. Bila Sherlock dan Watson gagal, maka seluruh negeri Inggris yang jadi taruhannya. Sherlock menduga semua itu ada hubungannya dengan Lord Blackwood yang telah meninggal di tiang gantungan.
Beberapa saat kemudian, sebuah kasus kejahatan kembali terjadi yang mengharuskan Sherlock Holmes dan Dr John Watson turun tangan. Kejahatan demi kejahatan pun berlangsung secara sporadis. Serangkaian tindak kejahatan ini tentu bukan dilakukan oleh amatiran melainkan oleh pelaku kejahatan profesional. Andai saja Sherlock dan Watson gagal mengatasinya, maka akan berdampak serius bagi seluruh Inggris Raya. Sherlock danpartnernya mencium dugaan bahwa semua kejahatan yang terjadi selama ini tak terlepas dari ulah Lord Blackwood yang telah meninggal di tiang gantungan.
Film berurasi 139 menit ini penuh dengan ketegangan, namun sarat juga dengan humor segar yang membuat urat syaraf kita menjadi kendur kembali. Jadi film ini tidak murni film serius yang mengharuskan kita mengerutkan dahi dan menegangkan urat syaraf sepanjang waktu. Untuk hiburan, film ini sangat menarik untuk ditonton bersama orang terdekat.

Kalau saya boleh menilai, dari skala 1-10, maka film ini menurut saya berada di angka 8. Jadi Anda pantas untuk menontonnya sambil mengunyah makanan ringan. Dan bersiapkan untuk menarik napas saat ketegangan menerpa Anda, tapi persiapkan juga senyuman jika tiba-tiba ada kejadian lucu yang tidak terduga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: